Categories
Public Speaking

3 Tugas Wajib Master of Ceremony

3 Tugas Wajib Master of Ceremony - Diah Sally

Banyak yang bilang menjadi Master of Ceremony (MC) itu gampang, tinggal modal ngomong doang. Betul memang menjadi Master of Ceremony gampang, kalau kita sudah paham betul tugas dari Master of Ceremony (MC)/Pembawa Acara. Dan perlu digaris bawahi, menjadi MC bukan sekedar membacakan susunan acara serta memanggil pembicara tanpa ada “isi” ya.

Tahun 2011, saya menerima tawaran MC Abang None Cilik di salah satu Mall di Jakarta Selatan. Setelah acara selesai kemudian saya evaluasi diri, bahwa tadi ada beberapa hal yang seharusnya dilakukan dan tidak. Semenjak itu, saya mencari sekolah yang berhubungan dengan dunia Public Speaking. Belajar dari ahlinya memang menguntungkan, walau kalau dihitung-hitung biaya yang sudah dikeluarkan kisaran setengah biaya saya kuliah 4 tahun di kampus, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). Menurut saya tak masalah mengeluarkan banyak uang, toh ini juga bentuk investasi leher ke atas alias otak. Seseorang pernah bilang “Elo ya invest ke baju terus, invest tuh leher ke atas. Isi otak, jangan beli baju bagus biar keliatan cantik. Cantik tuh hadir karena otak lo yang selalu diisi ilmu, kalau otak lo beriisi semesta akan mendukung dan kecantikan lo terpancar”. Padahal ya, selama ini saya juga sudah investasi leher ke atas, memikirkan dia. Lha memikirkan dia kan di dalam otak ya, tapi kok ga masuk kategori investasi ya? Andai memikirkan dia adalah bagian dari investasi pasti saya sudah secantik dan sepintar Dian Sastro kali yaa sekarang.

Belajar dari ahlinya seperti DJ Arie di DJ Arie School, Wanna be Trainer dengan Jamil Azzaini, Kelas Penyiar dengan beberapa pengajar dari dunia radio, Compassion dengan para host Insert dan TalkInc milik Becky Tumewu, kamu tahu Becky Tumewu kan? Pernah lihat beliau hosting acara di TV? Fix kamu sudah dewasa sekali sekarang. Hahahaha. Kali ini izinkan saya berbagi tentang tugas wajib seorang Master of Ceremony sehingga terhindar dari bully-an netizen dengan ucapan “MC-nya gimana deh itu hambar banget” kalua ada netizen yang bilang gitu waktu kamu jadi MC, balas aja “Iya atuhlah hambar, lha si mbak kebanyakan konsumsi micin, micintai dia yang sudah jelas-jelas bahagia bersama kekasihnya”.

So, kali ini mohon izin untuk berbagi hal yang sudah saya pelajari dari mereka. Simak yuk, 3 tugas wajib militer Master of Ceremony;

  1. Membawa Seluruh Rangkaian Acara

Kalau ini sih, udah pasti yaa. Namanya juga pembawa acara ya pasti memandu seluruh rangkaian acara. Perlu diketahui juga, sesungguhnya setiap MC di sebuah acara dapat satu LO (Liaison Office) atau seseorang yang menghubungan dua pihak untuk berkomunikasi dan berkoordinasi mengenai kegiatan antar pihak. Kan, sering yaa kalau lagi acara bulak balik ganti susunannya, yang entah si pemberi sambutan belum datang bahkan sampai pemateri atau pengisi acara yang kejebak macet. Biasanya kalau ada pertukaran acara atau minta tolong ditambah gimmick ini itu dan perintahnya hadir dari orang selain LO biasanya saya menolak dengan sopan. Bahkan, di awal saya pasti bilang ke LO “Mas/mba, segala perubahan acara saya dapat updatenya dari mas/mba ya, biar satu pintu”.

Hal ini harus jelas di awal, karena jika semua pihak bilang ke MC untuk perubahan acara, saya jamin si MC pasti bingung dan ketika acaranya berantakan si EO/panitia menyalahkan MC. Dan kalau kamu menjadi MC di sebuah acara dan tak dikasih LO, berarti kamu harus memastikan orang yang bakal tektokan sama kamu. MC itu punya peran penting di sebuah acara tapi suka ga dikasih LO, kasian ya. Jangankan LO, fee aja bayarannya lebih kecil dari pengisi acara. Hahaha. Taka pa ya bayarannya kecil, asal acara lancer, panitia senang dan repeat order! Hehehe.

2. Menjaga Ketepatan Waktu

Selain memandu rangkaian acara, maka tugas wajibnya MC adalah menjaga ketepatan waktu di setiap acara. Overtime tak apa asal itu perintah dari LO yang mana perwakilan dari si pemilik acara. Acara tepat waktu, jadi kamu sebagai MC juga harus datang early, bukan ontime lagi. Early datang ke venue itu penting banget untuk melihat kondisi venue, sound check, menyapa panitia dan audience serta final briefing.

3. Mengatur Dinamika Acara

Nah, yang terakhir ini juga ga kalah penting nih. Mengatur dinamika acara, jadi biar kamu tak dibilang hambar sama netizen dan juga ga cuma buka acara, panggil bintang tamu trus tutup acara. Kalau masih mandu acara dengan model macam itu bisa diubah mulai sekarang. Misal, beberapa waktu lalu saya diminta memandu acara lamaran kawan, 4 bulan sebelum acara saya memastikan mau dibawa kemana flow acaranya, apakah mau mengharu biru, lucu-lucuan atau sengaja si cowok dibuat nervous sampai si cewek bilang “I Do”? Kala itu kawan saya sudah berpesan untuk ga macem-macem, karena mungkin dia tau saya anaknya agak iseng, dia takut lakinya saya suruh nyanyi sambil berlutut untuk ngelamar kawan saya. Pas hari H dong, ternyata si laki ga kaku-kaku amat kaya kanebo, jadi aman kalau saya kasih flow lucu-lucuan pas sebelum si cewek dilamar.

Untuk mengatur dinamika acara ini, kamu harus paham betul tema dan rangkaian acaranya. Bisa jadi acaranya sama, tapi jika dibawakan oleh MC yang berbeda, yaa hasil dan ambience yang diciptakan juga berbeda. Ini yang membuat kamu dan MC yang lainnya berbeda. Mulai dari cara kamu membuka/menutup acara, memanggil bintang tamu dan bridging antar acara. Ohya, kalau kamu memandu acara seperti lamaran/akad/resepsi ini harus benar-benar kata bahagia yang bertebaran, namanya juga orang mau membangun rumah tangga yaa shay, walau pada kenyataannya berumah tangga itu tak semanis kata-kata bahagia yaa. Eh, saya ga tau deh berumah tangga itu gimana rasanya, lha wong saya masih numpang orangtua saya rumahnya dan tangganya belum beli. Hihi.

Nah, itu dia sharing tentang 3 tugas wajib seorang MC. Mari kita bawakan acara bukan sekedar bacain rangkaian acara, panggil bintang tamu, buka & tutup acara. Mudah-mudahan bermanfaat, jadi kalau ada yang minta kamu jadi MC dan minta harga teman, kamu bisa punya alibi kalau tugas MC itu sebenarnya berat, lebih berat dari merelakan si dia ke pelaminan bersama yang lain.

Ohya, terakhir saya ingin memberikan info ada kabar baik untuk kamu yang ingin melangsungkan acara bahagia lamaran/akad/resepsi di bulan September, saya akan memberikan jasa MC GRATIS! Baca selengkapnya di sini yaa.

27 replies on “3 Tugas Wajib Master of Ceremony”

paling susah adalah urusan menjaga ketepatan waktu. Aku suka ngomong, tapi kok kayanya gak mudah ya jadi MC. Sally klo jd MC energinya parah sih, berasa banget. Dan ada aja kelakuannya. hhe

Ternyata emang sempet serius belajar. Pantas.

Nah, kalau udah suka ngomong enak tinggal asah omongan kita biar “berisi”.

Berisi artinya bisa bermanfaat, menghibur, mencerahkan, menginspirasi dll.

Yuk ngomong yang berisi dan jauhi gosip 😆

Tugas wajib seorang MC yang paling ‘berasa’ banget ya di point ketiga ya Kak Sally, bagaimana mengatur dinamika acara. Apalagi jika durasinya panjang. Kerenlha ini Kak Sally

Kalau acara formal durasi panjang, satu-satunya cara buat suara yang cukup menggelegar tapi masih enak didengar. Sedangkan jika acaranya non formal bisa diisi dengan ice breaking atau sesuatu yang abnormal 😀

Lihat Kak Sally jadi MC berasa natural aja enggak kaku dan banyak ketawanya. Jadi ga bikin ngantuk. Pembawaannya buat lebih semangat dan energi positivenya dapet.
Thank you sharingnya kak

Masa iya? Kamu salah liat kali kak, itu bukan aku tapi Rina Nose. Aku tuh kalem pisaan lho xixi…

Kalau ada cuannya, berusaha bisa lebih baik yuk. Karena dibalik kata jago ada cuan yang mengikuti hoho #CuanForLyfe hihi

Selalu ada kata2 lucu nan curhat di sela2 kalimat ya kak hehehe.
Ih siapa bilang gampang? Engga kak, justru menurutku itu butuh skill dan juga latihan yg konsisten.
Dan, tiga poin yg kak sally kasin bermafaat banget buat yg macem aku ini.

Yeah, kuy lah jadi MC yang berisi…

Selamat memenuhi kewajiban tugasmu kak! See u on TOP.

Kalau di luar negeri, host sebuah program bayarannya lebih besar dibanding si bintang tamu. Beda dengan di Indonesia bun. Pamor host/MC masih kalah dengan aktor/aktir/singer etc, kalau pamornya kalah, begitupun bayarannya. Begitu sepengetahuanku, dari bisikan bisikan para host Indonesia.

aku ga iso ngajarin kamu kak, aku cuma bisa berbagi apa yang udah kupelajari dari para senior. Kalau mau kita belajar bareng dan saling berbagi ilmu yuk 😉

Siapa bilang aku serius? Udah kapok kali kak, kan terakhir serius, si mas nya minta putus!

Ternyata kak sally belajar juga ya. Kirain otodidak gitu. Memang otodidak bukan berarti tak belajar ya kak. Ngomong-ngomong mc gratis untuk bulan september kak? Kalo aku nikahnya september tahun depan masih dpt gratisan gak kak? 😆

Hahaha, kalau tahun depan mudah-mudahan masih dikasih nafas yaa. Tapi hari senin harga normal kak hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *