Home / Inspiration / Let’s Learn with The Expert

Let’s Learn with The Expert

Diah Sally - Let’s Learn with the ExpertDiah Sally - Let’s Learn with the Expert

Let’s Learn with The Expert!

Kenapa kita harus belajar langsung dari ahlinya (learn with the expert)? Empat tahun yang lalu, kawan saya bilang kalau mau belajar mending langsung sama ahli atau pakarnya. Kalau sama ahlinya, kamu ga perlu takut salah teori, bisa nanya hal apapun dari yang mudah sampai sulit serta menghemat waktu belajar, seperti contoh jika kamu belajar bisnis langsung dari Garry Vee atau Elon Musk, jauh lebih menghemat waktu dari pada kamu belajar sama saya (mungkin), iya ga mungkin juga kan ya kamu belajar bisnis sama saya, adanya nanti kamu saya ajarin bagaimana bisnis patah hati yang mujarab. Haha.

Dua bulan sudah berlalu di tahun 2019, menginjak di bulan ketiga bagaimana dengan resolusimu? Hayyo jangan pas merancangnya saja menggebu-gebu tapi habis itu lupa akan semua rencana, pas akhir tahun 2019 baru inget ternyata ada 13/15 resolusi yang belum terwujud. Tapi apapun itu resolusimu, jangan lupa sisipkan satu saja untuk naik kelas dan mengasah potensimu. Setiap tahun saya selalu berusaha menginvestasikan uang untuk leher ke atas, maksudnya untuk sesuatu yang berguna dari leher ke atas, ilmu ya bukan kalung, anting atau handphone keluaran terbaru (iya, walaupun hp kan dipakainya di telinga ya). Menuntut ilmu memang tak hanya bisa ditempuh di bangku sekolah, menuntut ilmu dari mana saja dan yang paling penting agar kita makin berisi dengan ilmu tersebut jangan lupa untuk belajar dari expert (ahli)nya langsung.

Let’s Learn with the Expert

Selalu ingin mengasah kemampuan yang dimiliki, saya pun kali itu senang banget ketika berselancar di instagram menemukan postingan dari host yang sering mewawancarai artis-artis Hollywood, Indra Herlambang. Wow, Indra Herlambang buka kelas MC-TV Presenter parahnya lagi beliau ga sendirian, ada Nadia Mulya, Lenna Tan & juga Addry Danu, keempat host insert dan profesional MC tersebut siap memberikan ilmunya. Tanpa mikir panjang, saya pun langsung book seat, maklumlah ya Indra Herlambang aja followers-nya 1M di instagram, belum lagi ditambah dengan followers ketiga rekannya, kalau ga buru-buru book seat ga tau lagi kapan bisa ikut kelasnya.

Let’s Learn with the Expert
Mudah-mudahan ketularan banyak job seperti Indra Herlambang. Aamiin!

Day 1: All about MC’s World

Hari pertama pas masuk kelas dimulai, ga diduga beberapa peserta di dalamnya ternyata orang-orang yang sudah tak asing. Karena saya suka banget nonton America/Asian’s  Next Top Model, langsung notice pas ada Patricia Gouw & Jesslyn. Iya acara tersebut adalah panutan saya dalam bergaya di depan kamera, suka kesel kenapa kalau finalis Next Top Model, selalu bagus gayanya dan yang pasti acara Next Top Model itu sungguh menggelitik hati drama pertengkarannya. Duh, kalau ngomongin acara Next Top Model ga ada habisnya deh, nanti saya bahas acara tersebut di tulisan berikutnya. Paling seru session 4 yang dari Indonesia banyak, gaya fotonya bagus, apalagi pas waktu challengeI woke up like this”. 

Pas melihat para Top Model, langsung minder dong ya, bukan, bukan karena mereka tinggi sedangkan saya mini, tapi karena mereka sudah jadi praktisi di dunia MC & presenter aja masih belajar, masa saya yang jam terbangnya seperti dompet di tanggal tua (sedikit) sering minta sama Tuhan buat datengin banyak job. Duh Gusti.

Kelas dimulai dengan ice breaking, seluruh peserta dan experts maju ke depan. Ice breaking yang dipimpin tentunya oleh sang master, Indra Herlambang adalah bertujuan untuk mengenal satu sama lain. Lagi lagi saya tak menduga, ice breaking-nya saja seru apalagi materinya.

Bagaimana sudah miripkan seperti Nadia Mulya?

Para expert menyampaikan materi secara bergantian, setelah semua materi disampaikan, dilanjutkan dengan praktik. Seluruh peserta dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok ditemani satu expert, kebetulan ketika itu yang menemani kelompok saya, Nadia Mulya, ibu hamil (iya ketika acara tersebut beliau sedang hamil tua) yang tak diragukan lagi kemapuannya di dunia MC formal. Setelah itu masing-masing kelompok maju ke depan untuk praktik tugas yang didapat. Deg-degan lah ya pastinya, malu juga kalau pas maju jelek, tapi yaa namanya belajar jelek ya rapopo asal pas implementasinya harus mastah. Betul ga? Hehe.

Let’s Learn with the Expert
Practice makes you perfect

Day 2: TV Presenter

Day 2 ini yang sangat saya tunggu-tunggu, banyak materi yang memang belum saya temui di pelatihan Presenter lainnya. Ohya, kelas lagi-lagi dimulai dengan permainan, kali itu permainan menebak nama-nama presenter Indonesia. Saya cukup paham goal dari permainan itu. Kalau mau jadi TV Presenter harus tau minimal host-host di Indonesia biar bisa belajar juga dari mereka. Saya pribadi, punya host favorit, James Cordon dari dialah saya belajar untuk menjadi MC yang serba bisa, walau saya masih jauh memang dari kata serba bisa. Bahkan, saya hafal kata-kata ketika dia mewawancarai dan present artis-artis Hollywood untuk tampil, mungkin kalau dia buka kelas presenter saya akan langsung daftar walau saya yakin harganya pasti fantastis. Sesungguhnya ketika ada harga yang fantastis, ada pengalaman yang tak terlupakan.

Setelah permainannya selesai, selanjutnya penyampaian materi dari para ahli. Mereka pun berbagi pengalaman tentang “When Things Gone Bad” dan cara meminimalisir kesalahan ketika membawa acara, bahkan Nadia Mulya membawa printer sendiri ketika hosting Miss Indonesia, memastikan cue card-nya aman dan jelas untuk dibaca sehingga ga terjadi kesalahan fatal yang terjadi pada Steve Harvey, salah sebut pemenang Miss Universe 2015. Ohya, masih banyak sebenernya pengalaman yang mereka bagi, karena akan terlalu panjang jika saya jabarkan disini, jadi lebih baik kamu ikut kelas mereka saja, dijamin seru dan bermanfaat.

Setelah penyampaian materi, sharing dan tanya jawab tentunya tak afdol belajar presenting tanpa praktik. Kali ini seluruh peserta disuruh memilih program yang akan dibawakan; Acara Insert, news, talkshow & kuis. Dan dari semua kategori tersebut saya memilih talkshow yang ga begitu keliatan mini kalau di kamera, iya soalnya kalau bawa acara insert kan berdiri ya, kasian kameramennya nanti susah ngerekamnya, sedangkan kalau bawain berita, belum terbiasa ngomong cepet dan di luar kepala, tapi kalau jatuh hati sama dia entah kenapa bisa cepet dan wajahnya selalu khatam di luar kepala.

Addry Danu, FD Talkshow – Let’s Talk

Praktik kali ini juga mencakup tentang kendala yang bisa terjadi ketika presenting, ketika itu saya dapat “kendala” pembicaranya pelit jawaban yang diperankan oleh Indra Herlambang, jadi otomatis saya sebagai host harus berusaha memberikan pertanyaan yang membuat si pembicara menjawab dengan panjang. Selain itu, Nadia Mulya berperan sebagai Psikolog & pembicara, Addry Danu berperan sebagai Floor Director (FD) serta Lenna Tan duduk bersama seluruh peserta sebagai penonton di studio. Suasana pun berubah layaknya ketika on air, sorot lighting yang tajam serta kamera yang siap merekam seluruh rangkaian acara. Sampai sekarang saya selalu penasaran bagaimana hasil rekaman ketika praktik kemarin, karena belum dikirimi rekamannya sama pihak penyelenggara. Mudah-mudahan mereka baca ini dan rekamannya pun langsung dikirim. Hihihi. Belum selesai sampai praktik, percuma dong kalau praktik tapi tak dikomentari oleh para ahli. Kritik dan saran pun menghampiri.

Bahagia dan haru setelah mengikuti kelas ini, karena selain puas menyerap ilmu dari mereka, kami pun dibebaskan untuk tanya apapun. Harapan saya, semoga mereka meluangkan waktu lagi untuk berbagi ilmu tentang pembuatan script untuk MC/host/presenter. Ya, paling ga kalau saya memang ga diizinkan Tuhan buat jadi host, siapa tahu diizinkan jadi penulis script untuk sebuah acara besar di televisi atau radio. Hihi.

Swafoto bersama Lenna Tan

Tahun ini, saya sangat siap untuk terus mengasah kemampuan saya, belajar hal-hal baru dari para ahli supaya bisa naik kelas. Juga sudah membuat wishlist ilmu apa aja yang harus di-upgrade dan selalu sedia kuota youtube yang banyak supaya bisa belajar presenting terus dari James Corden, Ellen Degeneres, Ricky Gervais, Graham Norton, Oprah, Jimmy Fallon, Jimmy Kimmel, Najwa Shihab, Fitrop & Sarah Sechan.

Bagaimana dengan kamu, rencananya tahun ini mau kapan naik kelas? Kira-kira tahun ini mau mengasah kemampuanmu yang mana? Mau belajar apa? Mau belajar dari pakar/ahli yang mana? Kalau belum terpikirkan, mari rencanakan dari sekarang mumpung masih awal tahun, agar nanti di akhir tahun kamu bisa melihat perubahan diri setelah menuntut ilmu dari para pakar. Dan nanti kalau ketemu mantan, kamu tak menundukan kepala lagi karena kamu sudah tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik walau tanpa dia di sisimu.

Baca juga: Asiknya, mendengarkan podcast cuma 

About Diah Sally

Perempuan yang tidak pernah serius, karena terakhir dia serius, si Mas minta putus! Walaupun begitu, dia selalu senang diajak berdiskusi santai ataupun serius tentang buku, film dan apapun. Selain gemar berdiskusi, dia juga suka menulis yang dibicarakan & membicarakan yang ditulis. Serta siap meramaikan acaramu. Mari, undang dia untung menjadi Master of Ceremony (MC) di acara spesialmu

Check Also

Begini, menggunakan fitur Ask Me Question di Instagram

Sejak sebulan kemarin, saya puasa buka dan main instagram dan fokus menyibukan diri pada Ilahi. …

17 comments

  1. Banyak banget yang pengen dipelajari di tahun ini. Belajar nyetir, belajar nyeduh kopi, belajar fotografi, nulis… Satu-satu lah ya di realisasikan..

    Semoga menjadi MC kondang Mba Sally. 😂

  2. Let’s learn with the expert !
    Good point ini Mbak Sally. Saya suka baca tulisan inspiratif seperti ini. Antusias Mbak Sally ‘menular’ ke saya sebagai pembaca.

    Kalau di tanya rencana ‘kenaikan’ tahun ini. Hehehe saya malah merencanakan ‘remedial’ karena ada hal2 basic di soft skill saya yang mesti diperkuat.

  3. widiiihhh mantap, calon MC kondang Indonesia nih.

  4. Sepakat sekali, kalau belajar itu langsung dari ahlinya. Apalagi dengan rangkaian kelas sebegitu menarik. Jadi mupeng.

    BTW, dulu pernah nonton Asian Next Model, yang dari Indonesia diwakili oleh Gina. Ternyata, banyak dramanya juga.

    • Let’s learn with the experts…setuju sekali.
      Kalau belajar bukan dengan yang expert malah bisa bingung sendiri nantinya.
      Kayaknya asyik ya sessi training yang kamu share, seasyik lihat gaya MC kamu…
      Keren..

  5. Hai calon MC handal, aku baca ini sambil ngebayangin Sally lagi bacain every words on it. Great story, great experience too.

  6. Seru yaa banyak ilmu yg didapat klo langsung belajar dari ahlinya, semangat terus belajarnya ka sally, sukses yaa ka

  7. Wah seru banget nih kayaknya, saya sendiri ga tertarik lebih tepatnya ga berani sih bicara di depan banyak orang maupun depan kamera. Tapi begitu baca betapa semangatnya mbak Sally, jadi pengen ikutan belajar with the Expert ya karena kemampuan berbicara itu sangat diperlukan

  8. Wah belajar bareng-bareng presenter kondang. Keren mba~

  9. Let’s Learn with The Expert!
    Aku sukaaa banget baca ini. Inspirstif dan memotivasi sekali. Salut padamu akutuu mbak Sally.
    Aku pun sama selalu berusaha naik kelas dari waktu ke waktu..dalam hal apapun itu.
    Semoga impian jadi host profesional kesampaian ya Mbak…Aamiin

  10. Belajar dari The Expert membuat kita lebih cepat mengerti sesuatu hal dengan cepat.
    Rupanya Ibu MC walaupun sudah expert, tapi masih suka belajar di sana-sini. Hebat….

  11. Beruntunglah Sally punya kesempatan ini yaa… Byk yg mau ikut acara seperti ini tp kurang waktunya, atau kurang duitnya, atau keduanya hehe

  12. Resolusi… ahh entahlahhh semoga tahun ini gak remidial lagi 🙁

  13. Mbak sally sepertinya emang peminatannya di bidang MC… kerenlah.. aku mah tipe mager

  14. Bener banget ya, learn with the expert, biar nggak dua kali kerja. Inspiratif banget deh Sally nih! Bangga deh…Sebagai si insting keinginan belajarku banyaaak, tahun ini sih pengennya bener2 mengasah kemampuan nulis. Nulis apa pun..hehe. doakan yaa.

  15. Wah keren, mba. Semoga bisa seterkenal dan sekeren mereka. Aamin.

  16. Suka banget sama kata-kata “Sesungguhnya ketika ada harga yang fantastis, ada pengalaman yang tak terlupakan”

    Belum lama ini ikutan acara financial yang ngundang garyvee.. bener sih kak emang kalo mau belajar tuh harus dari ahlinya ya.. on point banget..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *