Pada tanggal 19-30 April 2019 saya dan beberapa  kawan meramaikan Europe On Screen (EOS) di berbagai tempat di Jakarta. EOS sendiri adalah acara tahunan yang mana sudah dilaksanakan dari tahun 1990, hanya saja dulu namanya Festival Film Eropa tetapi sejak tahun 2003 diubah menjadi Europe On Screen. EOS adalah acara dimana pemutaran film-film Eropa terbaik, dilaksanakan kurang lebih 10 hari serta memutarkan ratusan film dan acara ini membawa kebahgiaan sendiri bagi saya, penikmat film.

Tahun ini EOS dilaksanakan di Jakarta, bekasi, Tangerang, Surabaya, Bandung, Medan, Yogyakarta & Denpasar. Bukan hanya memutarkan film-film dari benua Eropa, tetapi juga ada diskusi, pameran, kompetisi dll.

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang 6 film festival Eropa paling seru di EOS 2019;

  1. Cold war

Diah-Sally-6 Film Festival Eropa Paling Seru yang ditayangkan di Europe On Screen 2019

Film yang mengusung banyak piala di berbagai penghargaan salah duanya Oscar & Golden Globes Award kategori Best Foreign Movie,  serta banjir pujian dari berbagai kritikus, membuat film ini wajib ditonton bukan hanya itu sepanjang film kamu akan dimanjakan dengan sinematography hitam dan putih yang memukau.

Berlatar nuansa setelah perang dunia di tahun 1940-an, seorang komposer serta pianis berbakat mengadakan tur keliling untuk mencari orang-orang berbakat, sampai pada akhirnya bertemu dengan seorang penyanyi wanita yang berbakat. Dan selang beberapa waktu sang pianist dan penyanyi saling jatuh hati dan mulai menjalin hubungan yang serius. Penampilan dari satu tempat ke tempat yang lain membuat mereka selalu bersua serta menjadi sangat akrab satu sama lain.

Saling mencintai namun tak begitu sejalan dalam pemikiran, begitulah cerita pasangan yang mana orang tua dari sang sutradara. Walau sempat dibuat bingung dengan emosi yang dihadirkan dalam film ini namun saya akui film ini sungguh karya yang harus diapresiasi karena sepanjang film saya bukan hanya dimanjakan dengan plotnya, musik, tarian, pengambilan gambar yang buat saya bergeming “ih kok bisa sih dia, keren gitu” serta editing yang rapi dan smooth, ohya saya tak bisa juga melupakan set dan costume yang dikenakan para pemain.

  1. Zagros

Diah-Sally-6 Film Festival Eropa Paling Seru yang ditayangkan di Europe On Screen 2019-2

Film tentang pengembala yang mengalami kegoyahan rumah tangga. Si Pengembala yang mulai luntur kepercayaannya terhadap sang istri dan lebih mendengarkan omongan orang lain, keluarganya dan tetangganya membuat awal keretakan rumah tangga mereka. Apakah sang pengembala berhasil mempercayai sang istri sepenuhnya kembali? Atau mungkin rumah tangga mereka retak berkeping-keping akibat sudah tidak ada lagi kepercayaan satu sama lain? Patut ditonton sampai habis, karena kunci pada film ini pada akhir film dan kepingan cerita akan sempurna jika kamu menonton film ini dari awal.

  1. Becoming Astrid

Film tentang perjalan remaja penulis Astrid, Astrid Lindgren, seorang sastrawan yang mana salah satu karyanya yang sangat populer adalah “The Adventure of Pipi Longstocking”. Konflik antar ibu dan anak yang terjadi dalam film ini cukup mengoyak-koyak perasaan. Mampukah Astrid dan ibunya serta Astrid dan anaknya (Lasse) mengatasi konflik secara tuntas? Simak ulasan lengkapnya disini.

  1. Champions

Champion dibangun dengan dialog dan acting yang menggelitik, membuat film ini pantas dijuluki film komedi Eropa ter-brutal yang pernah saya tonton. Beberapa jokes yang berkali-kali di-call back tetap menghadirkan tawa yang menggelegarkan teater, mungkin karena di awal cerita sang penulis dan sutradara mampu bekerja sama untuk membangun pondasi yang jenaka, sehingga hampir dari semua adegan terlihat jenaka dan dialog yang kita dengar menggelitik.

  1. There’s No Place like Home

Drama Comedy Family kali ini, cukup menghibur dengan dialog-dialog yang agak sembarang. Tapi justru karena sembarang itulah yang membuat penonton menertawainya. Walau tak begitu se-jenaka Champions film ini berhasil menggelitik perut karena ceritanya cukup relate di beberapa kehidupan yang saya kenal. Jika kamu menonton film ini, kamu harus punya usaha ekstra untuk menghapal masing-masing karakter, karena karakter yang hadir banyak sekali.

  1. Blue My Mind

Drama Fantasi yang benar-benar membuat saya memikirkan tujuan dari si penulis membuat cerita ini, tentunya selain untuk mendapatkan cuan ya. Hehe. Remaja yang ingin mencoba hidup bebas tapi enggan menerima konsekuensinya serta fantasi yang menurut saya agak kurang masuk di akal sehat, namun tetap layak ditonton. Review lengkap filmnya disini.

Baiklah, itu tadi film Eropa yang menurut saya paling seru yang saya tonton di EOS 2019. Walau, lagi-lagi setiap dari kita mungkin punya selera film yang berbeda-beda. Tapi tak ada salahnya menonton film untuk hiburan kamu di weekend yang singkat atau weekday yang panjang karena kerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk.

Dari film di atas cerita mana yang membuat kamu penasaran dan ingin sekali segera kamu tonton? Atau kamu punya rekomendasi film Eropa bagus apa nih buat saya?