I’m beautiful in my way
‘Cause God makes no mistakes
I’m on the right track, baby I was born this way

Don’t hide yourself in regret
Just love yourself and you’re set
I’m on the right track, baby
I was born this way (born this way)

Born This Way lagu favorit yang sampai sekarang saya dengarkan ketika bekerja dari rumah, walau secara lirik keseluruhan lagu ini multitafsir. Tetap saja saya suka yang bagian reff dari lirik lagu Born This Way yang dipopulerkan oleh penyanyi asal Amerika, Lady Gaga. Born This Way semakin terasa maknanya ketika cast dari serial Glee menyanyikan lagu ini dengan menggunakan kaos putih yang bertuliskan kondisi fisik mereka. Saya jadi refleksi ke diri sendiri, kira-kira kalau saya nyanyi born this way tulisan apa yang cocok buat dicantumin di kaosnya ya?

Lagu ini jugalah yang membuat saya berpikir, segala kekurangan fisik yang saya punya. Melihat para pemeran Glee bahagia dengan fisiknya mereka walau kata orang itu ga sempurna, menjadi kekuatan untuk saya dan mensyukuri bahwa di balik itu semua Tuhan sudah mengaturnya dan mungkin di sisi lain Tuhan ingin tahu apa iya Diah Sally ini kalau dikasih kekurangan malah rajin sambat ketimbang bersyukur?

Manusiawi bukan, ketika seseorang lahir berbeda dan mengeluh atau mungkin kamu juga pernah bertanya “Tuhan, kenapa tega aku dikasih ini?”. Ga apa sesekali aja, esok mulai tertawakan lagi segala kekuranganmu. Hehe. Belajar banyak dari para stand up comedy-an, menertawakan segala kekurangan yang dimiliki adalah menjadi obat paling mujarab buat saya agar bisa terus bersyukur. Orang kalau inget saya pasti ada embel-embelnya seperti, “Itu lho, Diah Sally yang kecil” atau “Itu, Sally yang udah kecil bawel lagi!”. Yah, gimana dong kalau boleh pilih saya juga mau punya tinggi badan yang semampai bak Miss Indonesia, kalau boleh milih juga mau diem aja kalau berada di kerumunan, tapi orang-orang itu selalu memancing saya buat ngomong. Gimana dong? Semakin kesal orang-orang itu dengan keadaan saya, semakin besar juga keinginan saya untuk mendapatkan pundi-pundi dari kekurangan itu.

Born This Way, Babe! Bacot and small like ant or whatever you think about me.

Jadi teringat dulu ketika SMP dan SMA ketika ada pentas dan menampilkan sebuah penampilan saya termasuk yang menjadi orang pilihan yang tampil di depan dan paling sering di-notice orang karena paling depan dan karena postur yang cukup mini membuat saya lebih enteng membawa diri, jadi lebih lincah gerak sana sininya. Ini pula mungkin ya alasannya kenapa dari dulu kalau di kepanitian selalu dapat posisi si kesana kemari. Haha. Di sisi lain saya yang bawel ini cuma mau bilang sama yang kesel atau penah bilang saya agak annoying gara-gara too loud. I’m sorry, baby. Saya janji ga bakal banyak ngomong di depan kamu, karena sekarang kalau ngomong tiga jam bayarannya aja lumayan buat nraktir kamu makan di Hanamasa berkali-kali.

I’m sorry, I was born this way, baby. And never regret what God gave me. Cause, everything He gave me, I always can make money from them!

Sebaik-baiknya orang adalah yang mengenal dirinya sendiri dan yang bisa mengubah kekurangan pada dirinya menjadi cuan, cuan cuan.

Jadi, coba buka aplikasi Youtube atau Spotify terus cari lagu Born This Way, Lady Gaga. Kalau sudah silakan dinyalakan lagu tersebut, lalu bayangkan kamu pakai kaos putih seperti pemain Glee itu, kira-kira tulisan apa yang cocok? Nah, kalau sudah ketemu sekarang pikirkan bagaimana caranya kamu bisa cuan dari kekurangan kamu itu?

Born This Way – Glee Performance