Tujuh bulan sudah negara ini diserbu pandemi, banyak perubahan terjadi. Baik regulasi dari pemerintah, kantor bahkan di rumah kamu sendiri. Di kala pandemi seperti ini membuat saya harus terus menjaga kondisi jiwa dan raga sehat selalu. Menjaga mood jangan sampai drop adalah hal yang paling utama pada saat ini. Pasalnya, saya pribadi selama tujuh bulan Work From Home (WFH) dan hanya sesekali ke kantor jika memang ada event online yang membutuhkan internet super duper lancar tanpa hambatan, selama di rumah saja bohong kalau saya bilang, ga pernah bosan. Jenuh, makin capek dan sampai tetiba nangis tanpa sebab juga pernah. Enggak tahu kenapa selama WFH masyaAllah kerjaan kantor dan mungkin karena ga ketemu orang jadi rasanya sepi ya. Karenanya saya berpikir bagaimana agar mood dan kondisi fisik tetap fit walau di rumah aja dan cuma ketemu orang-orang rumah aja.

Ini dia 5 hal yang membuat saya bahagia walau di rumah aja dan jomblo;

1. Me Time

Dulu sebelum pandemi, hampir setiap hari keluar rumah dan pulang malam, bahkan weekend pun saya pasti keluar. Sekarang ini karena saya orangnya parno-an, saya memutuskan untuk tetap di rumah saja dan keluar rumah paling ke kantor itupun ga setiap hari, sama ke minimarket. Selama pandemi ini waktu Me Time jadi banyak banget. Bahkan saya jadi lebih kenal diri sendiri lagi saking kebanyakan Me Time. Kamu gimana? Selama pandemi sudah Me Time berapa lama? Hehe.

2. Saving Money

Karena dulu setiap weekend pasti keluar, hangout sana sini dan pengeluaran pun sering membludak. Namun, selama pandemic saya senang bisa menghemat uang-uang yang biasanya dipakai buat hangout beli green tea (iya, karena ga suka kopi jadi kalau hangout di coffee shop belinya selain kopi) sekarang bisalah ditabung buat beli Logam Mulia. Senangnya lagi selama pandemi ini, banyak orang-orang keuangan yang sharing tentang cara mengatur uang. Karena ga sedikit orang-orang yang terkena dampak covid dan terpaksa harus kehilangan pekerjaan sedangkan cicilan harus tetap dibayar. Dan ke depannya ga tau ada hal apa lagi ya, sehingga siapapun saat ini harus menstabilkan kondisi keuangannya. Karenanya melihat rekening dan bisa nabung tiap minggu jadi hal yang paling membuat saya bahagia dan bersyukur.

3. Family Time

Sejak lulus kulaih saya termasuk orang yang jarang sekali mau diajak kumpul keluarga karena ga kuat dengarin ocehan para tante dan om serta ga kuat denger gosip-gosip di keluarga. Selain itu, alasan saya jarang kumpul keluarga karena setiap kumpul saya jarang di rumah karena pergi entah menghadiri sebuah event, konser, seminar, workshop, course atau nge-trip ke pulau bahkan dulu saya tidak datang ke acara lamaran kakak perempuan saya. Sebagai anak bontot sering sekali tau berita di keluarga terakhir sedangkan saya adalah girl with plan. Beberapa teman saya sudah hafal kalau mau ajak saya jalan di weekend harus janjian dari jauh hari. Tapi semenjak pandemi, hampir seluruh kegiatan dilakukan bersama keluarga di rumah.

Dulu sebelum pandemi saya berusaha selalu kalau pulang kantor ga langsung masuk kamar tapi minum atau makan sambil nonton TV dulu, dengerin aja percakapan orang tua apa yang mereka bahas. Sekarang waktu ngobrol dengan orang tua jadi lebih banyak dan bahkan kapanpun. Dan yang paling menyenangkan lagi, lebih banyak waktu main sama ponakan.

4. Explore banyak hal

Selama di rumah aja dan menghindari kejenuhan saya pun mulai eksplor beberapa hal. Misal, bagaimana caranya bikin desain sendiri, nge-list bikin konten apa aja buat sosmed, grooming sosmed yang mulai berdebu dan coba mengikuti beberapa kelas yang mana materinya ga pernah saya ketahui sebelumnya. Belajar hal baru selalu mengasyikan dan membuat gelas yang kosong terisi sedikit demi sedikit. Walau kuota jebol tapi ga akan rugi karena kuotanya dipakai untuk kepo-in hal-hal baru.

5. Nonton

Sebenarnya hal ini lebih asyik dilakukan jika pandemi ini berakhir, karena kalau tidak ada pandemi saya sudah kesana kemari menghadiri annual event festival film yang diselenggarakan di Jakarta. Karena imun tubuh dan mood tetap terjaga. Saya pun mencari cara bagaimana caranya bisa nonton film-film bagus seperti yang ditayangkan di festival-festival film. Akhirnya, mulailah saya mencari-cari film-film yang ada selain di aplikasi streaming berbayar. Entah kenapa Netflix sekarang seperti gebetan, awalnya aja seru, lama kelamaan membosankan.

Setelah ngubek-ngubek Youtube ketemulah film-film pendek yang benar-benar mind blowing kisah-kisahnya. Sebelum film-film pendek di Youtube booming, saya memang sudah langganan akun Youtube Montase Film, yaitu salah satu PH dari Jogja yang membuat film-film pendek dengan cerita yang cukup epic di beberapa judulnya. Senangnya saat ini film-film pendek di Indonesia banyak sekali peminatnya, termasuk saya. Dan film pendek favorit saya adalah film yang tayang di akun Youtube Omelete, entah itu nama PH atau sutradaranya, tapi yang saya tahu film-film pendek mereka kurang ajar bagusnya.

Nah, itu dia 5 hal yang membuat saya bahagia walau di rumah aja. Mungkin kamu bisa buat list versi kamu dan ciptakan kebahagiaan versinya. Inget, selama pandami imun tubuh dan mood harus tetap terjaga ya. And now, itโ€™s your turn! Yuk, buat list 5 hal yang membuat kamu bahagia walau di rumah aja. Stay Safe. Stay Helathy. Always Happy! ๐Ÿ™‚