Berbicara tentang masa kecil anak 90-an tentunya ga lepas dari serial yang popular banget di jaman itu. Telenovela yang pada saat itu ga boleh dilewatkan, mungkin ada diantara teman-teman yang nangis-nangis waktu itu kalau kelewat nonton telenovela ini. Sekarang saya mau ngajak teman-teman masuk ke lorong waktu dan bernostalgia dengan 5 telenvela jadul yang paling hits di tahun 90-2000-an awal.

Amigos X Siempre

Wah kalau ini kudu dan wajib ga boleh kelewat banget, kisah pesahabatan di sekolah dan percintaan Ana bersama Pedro membuat saya bersama kawan-kawan tak ingin melewatkan satu episode pun. Belum lagi permasalahan Ana dan sang ayah serta kelakuan salah satu guru di skeolah yang super duper jahat. Sekolah yang bernama Instituto Vidal ini diisi dengan anak-anak orang kaya yang mana laki-laki dan perempuannya di tempatkan di kelas yang terpisah. Dan yang paling ditunggu-tunggu setiap episodenya adalah bagaimana Ana mengeluarkan kekuatan supernaturalnya menghadapi konflik-konflik yang ada. Asyik juga yaa jadi Ana, segala konflik dalam hidupnya bisa diselesaikan dengan kekuatan super natural. Lha coba kita, kalau konflik dalam hidup mau selesai yaa selesain sendiri woi! 😀

Maria Belen

Kalau Amigos X Siempre telenovela yang hype di tahun 2000-an, di tahun 2001 ada Maria Belen yang disuguhkan oleh SCTV kala itu. Kisah bocah perempuan yang menggemaskan dan kehilangan orang tua di usia yang ke-6 ini memiliki kisah yang menyedihkan. Pasalnya karena kecelakaan sang orang tua, dia terpaksa harus tinggal bersama yang paman yang jahatnya ga kalah dengan pelakor sepertinya. Namanya juga drama ya, kalau peran antagonisnya ga jahat yaa ga akan ditonton, begitu pun sebaliknya kalau peran protagonisnya ga menggemaskan dan ceritanya ga menyedihkan ya ga seru dong. Tapi yang paling menggemaskan dari Maria Belen adalah pemeran utamanya si bocah yang punya rambut lucu banget. Hayo dulu siapa yang mau berangkat ke sekolah rambutnya harus kaya Maria Belen? 😀

Betty La Fea

Tidak seperti Amigos & Maria Belen yang hanya tayang tidak lebih dari setahun, Yo Soy Betty, La Fea (Saya Betty, si jelek) berhasil tayang dari dari tahun 1999-2001. Ini semakin membuktikan sebuah serial akan bertahan lama kalau kisahnya sadis dan menyedihkan. Serial Betty La Fea mengklaim rating dan sharing yang fantastis, hal ini bisa dibuktikan juga walau sudah lama tayang bahkan Betty La Fea ditayangkan ulang di Amerika pada tahun 2009. Bukan hanya itu, serial ini juga sudah dibuat ulang di beberapa negara dan karena serial inilah telenovela punya tempat tersendiri di beberapa negara, khususnya Indonesia.

Jika dipikir-pikir sungguh wajar jika Betty La Fea digandrungi di beberapa negara, karena plot yang dihadirkan sungguh relate dengan kehidupan nyata. Betty, seorang perempuan yang memakai kawat gigi, kacamata tebal dan miskin jadi bahan olok-olokan orang di sekitarnya. Ah, dan dia jatuh hati dengan pria tajir dan tampan tentunya. Hahaha. Faktanya sekarang ini, di tahun yang serba modern, kawat gigi makin popular bahkan ada orang-orang yang giginya ga kenapa-kenapa pakai kawat gigi demi terlihat lebih beda. And please from now on, jangan pernah meremehkan dan bilang seseorang itu jelek, karena kalau dia punya duit lebih, baru tau rasa lo terpancar kecantikannya.

Carita de Angel

Carita de Angel yang sempat juga tayang di Indonesia tayang di RCTI lalu kemudian tayang di SCTV. Seperti kisah Maria Belen, Dulce maria anak perempuan yang ketika berusia 5 tahun ditinggal sang ibunda dan sang ayah yang depresi karena sang ibu meninggal, membuat Dulce Maria sekolah di Catholic boarding school. Yang paling saya ingin dari serial ini adalah si bocah yang sungguh menggemaskan dan selalu riang gembira. Ohya, dia punya tempat bermain tersembunyi di sekolahnya.

Petualangan Amigos

Telenovela yang satu ini juga menjadi favorit saya di tahun 2001, yang mana dipernakan oleh Ana (Belinda) dan Santiago (Uckerman) serta beberapa pemeran dari serial Amigos X Siempre. Mungkin serial ini jadi favorit saya karena kisahnya seperti di sinetron Ramadhan, Lorong Waktu yang tayang di SCTV. Ketika kecil selalu takjub melihat orang-orang dalam film tersebut menuju masa depan atau kembali ke masa lalu. Mesin lorong waktu yang ditemukan Belinda ketika tinggal di rumah neneknya membawa Belinda dan teman-temannya ke tahun-tahun yang terduga. Yang paling saya ingat adalah episode dimana mereka berada di sebuah hutan dan harus tenggalam di dalam lumpur hijau, yaa tentu mereka selamat ketika itu, kan ada lorong waktu. Hahaha.

Okay, sekarang kita balik ke tahun 2020 yaa dimana serial Telenovela sudah sedikit atau bahkan sudah tidak ada, cuma sekarang saya sering sekali lihat orang tua saya menyetel Indosiar dan menonton FTV yang plotnya sungguh sadis dan si protagonist sungguh kasian, sampai-sampai saya kesel sendiri, saking keselnya sampai hafal juga itu lagu Rosa, ku menangiiiisss membayangkan betapa kejamnya dirimu pada diriku. Alamak!

Nah, dari serial telenovela di atas mana yang jadi favorit nih? Saya sengaja tidak mengajak kamu nostalgia telenovela Rosalinda karena tidak banyak yang saya ingat dari serial itu, mungkin karena ketika itu pas sore-sore disuruh orang tua saya main di luar ketimbang nonton Rosalinda yang kisahnya bukan untuk tontonan anak-anak. Dan Marimar juga saya tidak pernah nonton karena ketika Marimar tayang saya masih bayi, jadi ga nonton deh! Hehehe.