Menonton drama musikal sama saja dengan menonton karya sang masterpiece. Saya selalu menggelengkan kepala ketika film-film drama musikal bisa menyatukan antara musik, lirik dan jalan cerita film itu sendiri. Sampai saat ini saya masih penasaran bagaimana penulisan skenario film-film drama musikal, apakah sang penulis skenario membuat ceritanya terlebih dahulu lalu diikuti dengan penulisan lirik lagu dan dilanjuti dengan pembuatan aransemennya. However, Drama Musikal selalu punya tempat tersendiri di hati saya. Berikut rekomendasi drama musikal yang musiknya bikin kamu joget.

The Greatest Showman

Sebagai pecinta Zac Efron, membuat saya ketika itu sesegera mungkin menonton film The Greatest Showman. Film biography tentang Phineas Taylor Barnum, penggagas hiburan sirkus, Pengusaha dan Politikus asal Amerika Serikat. Saya pun bertanya-tanya kenapa P.T Barnum ini kehidupannya sampai dibuat film dan ternyata dia adalah orang terkaya di abad ke-19. Jatuh bangun kehidupannya dan lesson learn yang bisa kamu dapati membuat film ini layak ditonton. Bukan hanya itu, film ini menjadi film paling favorit saya di tahun 2017, karena film ini sungguh brilian. Entah bagaimana musik, lirik dan cerita dalam film ini menyatu sehingga syahdu sekali untuk dinikmati.

Lima dari sepuluh lagu di dalam film ini akan membuat kamu minimal menggoyangkan kepala. Pada saat menonton film ini di bioskop, ingin sekali saya bangkit dari kursi dan joget-joget saat lagu The Greatest Showman dan This is Me dikumandangkan. Jelas hal itu saya urungkan karena enggak enak sama mas-mas di belakang saya. Hihi.

Yang paling menariknya lagi dari film ini adalah bagaimana mereka mempromosikan lagu pada film ini. Amazing, man! Di acara The Late Late Show with james Corden mereka promosi dengan cara Crosswalk the Musical ini sebenarnya program dimiliki James Corden dan tim untuk para pemain film yang ingin mempromosikan filmnya, Beauty & the Beast serta Aladdin juga cast-nya mempromosikan film mereka melalui Crosswalk the Musical. Selain itu di Youtube Fox Family Entertainment menayangkan live performance dari lagu Come Alive, tidak semua cast menyanyikan dan menari ala boardway di penampilan live tersebut, hanya ada Hugh Jackman, Zendaya, Zac Efron & Keala Seatle. Di Youtube mereka juga ditayangkan rekaman saat mereka workshop menyanyikan lagu This is Me dan From Now On. Gokil, suara Keala Seatle di lagu This is Me enggak goyang dan jelas no auto tune dong ya, ditambah lagi Hugh Jackman yang memerankan P.T Barnum dalam film ini menyanyikan lagu From Now On dengan begitu mengharukan. Saya pun dibuatnya terharu. Iya terharu sekali, pasalnya dulu Jackman divonis tidak bisa bernyanyi lagi setelah terkahir berperan di film drama musikal Les Misarable (2012). Tapi di lagu From Now On, suaranya bagus banget mungkin setelah divonis dia sedih dan masih ingin terus bernyanyi sampai pada akhirnya dari tahun 2012 dia selalu minum jahe agar suaranya kembali okay.

Mama Mia (2008)

Film yang diadaptasi dari pertunjukan drama musikal Mammamia tahun 2001 di boardway ini cukup sukses dipasaran, bagaimana tidak film yang menampilkan beberapa lagu-lagu populer ABBA, kelompok musik asal pop asal Swedia (1972-1982). Film yang bercerita tentang sang anak yang bernama Sophie (Amanda Seyfried) dan tinggal bersama ibunya (Meryl Streep) selama puluhan tahun dia tidak tahu siapa ayahnya, sampai pada akhirnya Sophie mengundang tiga pria yang dia lihat di buku harian yang sang ibunda tulis. Untuk memastikan siapa ayah kandungnya, maka seluruh pria yang pernah berhubungan dengan sang ibu pun diundang ketika acara pernikahan Sophie. Film ini cukup menarik perhatian khalayak karena diperankan oleh bintang-bintang yang sudah tak asing dan diragukan lagi acting-nya.

Sepuluh tahun kemudian film ini dibuat frenchise, hadir dengan judul Mamma Mia! Here We Go Again yang menceritakan tentang Sophie yang berusaha mencari tahu tentang masa lalu ibunya. Franchise dalam film ini alurnya mirip-mirip seperti yang pertama, namun yang menarik perhatian lagu-lagu pada frenchise film ini lebih segar dan makin aduhai untuk berdendang ria.

Les Misarable

Drama musikal yang diperankan Hugh Jackman, Anne Hathaway, Amanda Seyfried, Eddie Redmayne dan masih banyak pemain lainnya adalah salah satu Musikal Sejarah yang terbaik yang pernah saya tonton. Opening pada film ini aja buset banget bangusnya. Gokil sinematography-nya, super duper epic!

Film yang berlatar di kota perancis ini menceritakan tentang seorang pria yang dihukum penjara selama belasan tahun karena mencuri roti. Film yang diadaptasi dari novel karya Victor Hugo ini terlau banyak cerita yang menyayat-nyayat hati. Mungkin ketika kamu mendengar lagu-lagu dalam film ini kamu akan ikut menangis menyaksikan adegan-adegan dlama film ini. However film ini menjadi drama musikal yang lagu dan ceritanya bukan sekedar tempelan tapi benar-benar menyatu satu sama lain. Dalam film ini juga banyak sekali pelajaran hidup yang bisa diambil.

Pitch Perfect

Pitch Perfect harus menyerah pada frenchise di season 3, menurut saya film ini makin lama makin agak ngawur ceritanya, yang paling favorit saya adalah season 1. Terharu bagaimana film ini menceritakan tentang grup acapella di sebuah sekolah. Pasalnya, enggak banyak pecinta acapella mungkin karena terlalu sederhana tidak ada alat musik tapi penyanyi acapella ini selalu mengagumkan karena menyajikan bunyi dari alat musik hanya dari mulut mereka. Jelas, alunan musik yang cukup predictable membuat pemain acapella dipandang sebelah mata di beberapa tempat.

Film yang diadaptasi dari sebuah buku karya Mickey Rapkin nampaknya membuktikan bahwa penyanyi acapella punya tempat di hati khalayak. Hadir sekuel Pitch Perfect 2 dan 3 membuktikan bahwa mereka berhasil mengangkat derajat acapella to the next level. Simple premis but good twist, membuat film ini layak ditonton marathon, Pitch Perfect 1 smapai dengan 3. Favorit saya adalah ketika Anna Kendrick membawakan lagu When I’m Gone atau yang lebih terkenal dengan Cup Song/Cups.

La La Land

Hell naah, semua lagu dalam film ini tentunya menjadi favorit saya dong. Bahkan film ini yang sya tonton lebih dari dua kali. Saya heran ketika beberapa teman saya bilang, kalau dia ketiduran ketika menonton Film La La Land di bioskop. Oh, come on man! Film sebagus itu terlalu sayang untuk ditinggal tidur. Bahkan sampai sekarang, terkadang saya ditemani lagu-lagu dari film La La Land ini untuk menyelesaikan tulisan atau kalau lagi kerjaan di kantor enggak begitu padat. Another of The Sun, Someone in the Crowd & City of Starts adalah lagu paling favorit 15 soundtrack lainnya.

Film yang mengisahkan kisah percintaan Mia (Emma Stone) dan Sebastian (Ryan Gosling) ditambah dengan bumbu dunia perkariran Mia yang ingin menjadi pemain film dan Sebastian yang selalu ingin menampilkan permainan Jaz-nya yang terpaksa harus kalah saing dnegan lagu-lagu pop. Karena idealisme Sebastian yang membuat film ini sad ending. Saya agak kecewa ketika itu, bukan karena ending dari film ini, namun karena sebenarnya film ini layak mendapat penghargaan Oscar 2017 pada kategori Best Picture. Entah mungkin bagian dari pemasaran ketika dua legenda Hollywood Warren Beatty & Faye Dunaway salah menyebutkan pemenang, awalnya mereka menyebutkan La La Land sebagai pemanang, namun ternyata yang tertulis dalam amplop adalah Moonlight. Entah disengaja atau tidak, kalau pun disengaja harusnya dibuat lebih kreatif lagi kesalahannya. Toh, salah sebut pemenang sudah dilakukan Steve Harvey pada ajang Miss Universe 2015.

Nah, itu dia 5 rekomendasi drama musikal yang musiknya bikin kamu joget. Kamu sudah menonton yang mana saja? Atau kamu punya rekomendasi drama musikal lain yang musinya bikin siapapun yang mendengarkannya serasa lagi di konser DWP. Hehe.