Breaking News
Home / Inspiration / Sekolah Public Speaking Terbaik di Indonesia

Sekolah Public Speaking Terbaik di Indonesia

Diah Sally - Talk Inc - MC - TV Presenter - Master of Ceremony
Foto bersama founder Talk Inc (Becky Tumewu & Erwin Parengkuan)

Sejak tahun 2011 sampai saya menulis tulisan ini, saya selalu menyediakan budget tahunan belanja untuk leher ke atas, bukan belanja anting, kalung atau hijab yaa maksudnya belanja buat ngisi otak, menuntut ilmu dan mengasah skill lewat seminar, workshop, short course dll. Biasanya saya fokus menuntut ilmu Public Speaking. Dan tahun ini saya sangat kesal telah mengikuti short course yang dilaksanakan Talk Inc, kesal karena kenapa baru di tahun 2018 saya tahu tempat belajar MC – TV Prsenter terbaik di Indonesia.

Talk inc sekolah Public Speaking yang didirikan oleh Erwin Parengkuan dan Becky Tumewu, para millenial mungkin tidak kenal mereka, iyah mereka memang terkenal di tahun 90-an, sampai sekarang Becky Tumewu selain mengajar di Talk inc, trainer inhouse di berbagai perusahaan, dia juga masih banyak job off air nge-MC. Sedangkan, Erwin Parengkuan selain mengajar di Talk inc, trainer inhouse di berbagai perusahaan, selain itu ia juga berkarya lewat tulisan, beberapa buku beliau bisa kamu temukan di toko buku terdekat.

Banyak sekali program Public Speaking yang ditawarkan Talk inc, mulai dari program Regular Class (Speaking Impressively, Total look & Personal Branding serta MC – Presenter Class dll), Inhouse Training & Private Class. Kali ini saya mengambil regular class MC- Presenter dengan 9 kali pertemuan atau encounter  termasuk final assesment. 7 tahun ikut pelatihan public speaking baru kali ini saya merasakan pelatihan yang ditawarkan benar-benar dipikirkan secara matang, terlihat dari kurikulum yang memang tak pernah saya temui di pelatihan yang pernah saya ikuti.

Berikut modul yang ditawarkan;

Encounter 1: Critical Requirement for Becoming a Professional MC – TV Presenter & Profile Mapping

Pertemuan pertama disambut oleh Ichsan Akbar, yang memang wajahnya sudah sering sekali kita lihat di layar kaca. Beliau mengajarkan hal-hal yang memang perlu diketahui oleh seorang MC dan juga melihat kami lebih cocok di MC – TV Presenter formal atau non formal. Bukan hanya itu, kami juga diajarkan bagaimana menjadi seorang MC yang ber-value.

Diah Sally - Talk Inc - MC - TV Presenter - Master of Ceremony
Usai encounter 1

Encounter 2: A to Z to Become MC –TV Presenter & Building Relationship with Your Stakeholder

Menjadi seorang MC memang berhubungan dengan banyak orang. Pertemuan kali ini kami diajarkan untuk bersikap baik kepada seluruh klien dan orang-orang di belakang layarnya. Edo Fernando, MC serba bisa dan pengajar kami saat itu berpesan jadi MC itu Attitude-nya harus bagus & humble sama siapapun.

Edo Fernando, MC serba bisa.

Encounter 3: First Impression & Teaming with Your Partner

Seringkali, sebuah acara dipandu oleh dua orang MC bahkan beberapa acara televisi misalnya, acara penghargaan untuk musisi/artis terkadang menggunakan lebih dari dua MC. Susah-susah gampang memang jika bekerja dengan partner, terlebih antar partner yang satu dan lain harus seimbang, jangan sampai keduanya dominan dalam berbicara, itulah alasannya knowing your partner adalah sebuah kewajiban. Bukan hanya itu Kamidia Radisti, Miss Indonesia 2007, presenter televisi, aktris, mantan atlet & pelatih renang ini juga mengajarkan kami impresi awal seorang MC yang mengesankan. Sebelum kelas berakhir biasanya kami praktik maju ke depan kelas, ohiya waktu itu saya ingat sekali, ketika saya dan teman-teman agak kesulitan ingin membawakan acara apa dan Kamidia datang untuk membantu dengan memberikan ide. dari sinilah saya berpikir bahwa memang menjadi seorang MC itu bukan hanya cakap berbicara, tapi juga harus smart, kalau saya boleh bilang Kamidia adalah fasilitator di Talk inc yang paling smart yang pernah mengajar saya, tak heran jika dia bisa menyabet Miss Indonesia kala itu.

Diah Sally - Talk Inc - MC - TV Presenter - Master of Ceremony
Begini nasib berfoto dengan Miss Indonesia yang tingginya lebih dari 170cm

Encounter 4: How to Create Your Script

Setiap datang ke kelas, saya selalu merasa paling bodoh. Pasalnya, kawan-kawan di Talk Inc hebat-hebat semua, bahkan pengajarnya selalu buat saya geleng-geleng kepala. Kali ini saya dibuat kaget dengan Bu Halimah, beliau seorang dosen komunikasi di salah satu kampus negeri dan dulunya beliau Script Writer di salah satu televisi dan untuk host ternama di acara penting. Bahkan ketika praktik menulis script, masih saja banyak kata yang dipangkas oleh beliau, bahkan indera pendengarannya sangat-sangat peka, ketika kami membacakan script. Beliau juga mengajarkan kami untuk memandang sesuatu dari sudut pandang yang berbeda-beda, karena beda sudut pandang akan beda juga yang ditulis dan diucapkan.

 

Diah Sally - Talk Inc - MC - TV Presenter - Master of Ceremony
Foto bersama ala-ala ulang tahun sweet seventeen. Tebak hayyo yang ulang tahun siapa? Hihi 

Encounter 5: Interview Technique

Kelas ini yang paling saya tunggu-tunggu, seringkali diundang menjadi moderator dan seringkali pula panitia memberikan pertanyaan yang harus moderator tanya. Tak sedikit pula, panitia acara yang memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mudah sekali jawabannya didapat di google. Lila Gyanto mengajarkan kami menggali informasi atau mengupas secara tuntas ketika interview berlangsung. Olehkarenanya, beliau juga mengajarkan untuk riset sebelum meng-interview seseorang.

Diah Sally - Talk Inc - MC - TV Presenter - Master of Ceremony

Encounter 6: Brand Image & Talk Show

Lala Tangkudung,  fasilitator kami ketika itu mengajarkan membuat strategi untuk membangun Brand Image. Kami juga dibuatkan nama panggung oleh beliau, katanya sih biar hoki. Hahaha. Fasilitator Talk Inc paling lucu dan rame, selalu senang ngeliat beliau. Sepanjang kelas ga berhenti-henti untuk tertawa.

Diah Sally - Talk Inc - MC - TV Presenter - Master of Ceremony
Bersama Lala Tangkudung, MC, Presenter & Announcer.

Encounter 7: Building the Atmosphere & When Things Gone Bad

Lihat kan, di Talk Inc semua diajarin. Bahkan sampai gimana caranya kita ngatasin hal-hal yang buruk terjadi. Kala itu, kami bertemu lagi dengan Ka Ichsan Akbar. Beliau sharing yang bisa saja terjadi ketika diatas panggung, mulai dari sound mati, mati lampu, jatuh, wadrobe malfunction, roundown berubah atau lupa, salah sebut sampai penonton yang rame banget. Sebelum kelas, presenter yang pernah mengikuti audisi Indonesian Idol ini mengajarkan kami latihan pernapasan biar suaranya ga habis dan bulat. Tekniknya persis seperti seorang penyanyi lagi latihan biar suaranya bagus. Dia juga tak enggan berbagi pengalamannya di dunia presenter. He’s the most humble fasilitator! Beruntung banget bisa diajar dia dan ketemu di 2 encounter.

Diah Sally - Talk Inc - MC - TV Presenter - Master of Ceremony
Seru kali ya, kalau bisa sepanggung dengan Ichsan Akbar

Encounter 8: Total Look for MC – TV Presenter

Setiap encounter Talk inc selalu memberikan tenaga pengajar yang memang ahli di bidangnya, dan di encounter ke-8 kami dipertemukan lagi dengan Mba Lila Gyanto. Beliau memang sangat total dalam berpenampilan, ketika mengajar kami saja dari atas sampai bawah rapi sekali look-nya. Dan ternyata ketika nge-MC look-nya lebih total lagi, gak percaya? Coba saja check youtube-nya Lila Gyanto. Saya sangat bersyukur ketika final assesment bukan beliau yang menilai. Ga habis pikir kalau beliau yang menilai, bisa-bisa nilai total look saya dapet 0.5. Hahaha. Saya menobatkan beliau sebagai fasilitator tertotal dalam berpenampilan.

Diah Sally - Talk Inc - MC - TV Presenter - Master of Ceremony
Fasolitator paling total look-nya.

Banyak sekali pelajaran yang memang tak saya temukan di pelatihan sejenis lainnya. Jika, ada kualitas pastinya ada harga juga yang harus dibayar. Selain ilmu yang didapat yang tak kalah penting adalah relasi. Saya jadi yakin kenapa kita harus belajar langsung dari expertnya, selain ilmunya, tentu menghemat waktu. Misal, kalau belajar sama expert kamu butuh dua bulan untuk minimal bisa, jika bukan dengan expert bisa saja butuh dua tahun untuk bisa.

Diah Sally - Talk Inc - MC - TV Presenter - Master of Ceremony
Akhirnya, selesai final assesment dan sekarang sudah resmi jadi alumni Talk Inc

Ternyata memang untuk menjadi seorang MC butuh perjuangan, butuh tahu dari hal yang paling kecil dan printilan. Jadi, kalau selama ini kamu berpikir menjadi seorang MC itu modal tampang atau cuma butuh modal ngomong doang. Itu salah besar, jadi seorang MC harus tahu berita yang up-to-date, entertaining, smart, total dalam berpenampilan dll. Yang terpenting untuk menjadi seorang MC adalah menjaga attitude & humble.

So, kalau kamu mau belajar Public Speaking sila daftar ke Talk inc, disana ada banyak program yang bisa kamu ikuti. Silakan pilih yang sesuai kebutuhanmu. Bahkan ada juga program Public Speaking untuk anak-anak. Tapi jika ingin acara kamu berjalan dengan baik nan lancar silakan hubungi saya untuk menjadi MC-nya. Hubunginya sekarang ya, soalnya kalau hari senin harga naik! Hahaha.

 

About Diah Sally

Perempuan yang tidak pernah serius, karena terakhir dia serius, si Mas minta putus! Walaupun begitu, dia selalu senang diajak berdiskusi santai ataupun serius tentang buku, film dan apapun. Selain gemar berdiskusi, dia juga suka menulis yang dibicarakan & membicarakan yang ditulis. Serta siap meramaikan acaramu. Mari, undang dia untung menjadi Master of Ceremony (MC) di acara spesialmu

Check Also

Diah Sally- Raja Ampat- Wayag- misol - trip to Raja Ampat- BPJ-2B--2BBackpacker-2BJakarta - Trip murah ke Raja Ampat

Amazing Trip to Raja Ampat with Incredible People

Melakukan perjalanan ke suatu tempat, menurut saya adalah bagaimana kita terus belajar dan memperbaiki hubungan …

70 comments

  1. Aku setuju nih, kita harus terus mengikuti setiap perubahan dan menambah ilmu. Sepertinya aku juga butuh nih belajar public speaking. Thanks ya ka infonya, bermanfaat banget

  2. Wah seru banget. Saya pengen banget ikutan yang kaya gini, pengen bisa public speaking. Soalnya punya penyakit “demam panggung”. Pokoknya kalau udah liat panggung, keinget langsung bercucuran..

  3. Public speaking is one of the must have skills. Mastering the art of it will help us go further in our chosen field.

    Thank you for sharing ya, Kak.

  4. Wah, ternyata jadi MC itu banyak yang harus diperhatikan dan dipelajari ya. Keren, Kak!
    Semoga selalu sukses di dunia per-MC-an 🙂

  5. Wah mbaknya baru tau ya, ada sekolah public speaking Talk Inc.

    Oh ya untuk presenter, yang penting itu bisa menghibur dan gak perlu good looking amat.
    Tukul salah satunya, yang menjungkir balikkan pakem bahwa presenter harus ganteng. Justru dengan jokesnya, dia cerdas menutupi kelemahannya.
    Semboyannya : face country, money city alias muka ndeso, rezeki kota… Luar biasa dah Bahasa Inggisnya hahaha…

    Untuk presenter yang smart, Cak Lontong bisa jadi panutan. Jago ngeles nih orang, bikin pingin nimpuk aja wkwkwk… Semboyannya : salam lemper…

  6. Fasilitatornya keren2 ya, mereka yg expert di bidangnya masing2. Nice review dek sally, apalagi endingnya yg promosi banget..wkwkkw

  7. Menarik, tapi dar ujung ke ujung saya perhatikan kok gak ada biayanya, supaya bisa berhitung kalau mau ikutan

  8. seru bangett.. Apalagi bisa foto bareng-bareng mereka

  9. Gua salah satu orang yang suka banget belajar Public Speaking. Kemaren juga sempet tanya2 soal Talk Inc. ke akun sosmednya, tapi katanya kuota bulan ini udah penuh.

    Pengen belajar lagi soalnya MC dan TV Presenter juga kayak mbaknya.

    • Wah daftar segera mas. Kemarin saya daftar dulu, karna jadwalnya ga cocok jadi saya baru ikut sebulan setelah daftar. Ini investasi yang sangat berharga dan sayang untuk dilewatkan. Semangat mengasah skill

  10. Ternyata jadi seorang MC butuh perjuangan ya kak, nggak semudah keliatannya. Duh apalah aku yang ngomong depan orang banyak aja suka grogi haha
    Btw ending artikelnya juara sih 😁

    • Enggak mudah memang, tapi saya rasa semua MC sudah berjuang sekuat tenaga untuk bisa meramaikan dan membuat acaranya lancar. hehe. Semangat #TemanSebaya untuk asah skill public speaking-nya.

      Haha biasa saya mah orang marketing mangkanya kemana-mana sukanya promo yang bisa di-promoin haha. Apa yang bisa saya promo-in buat kamu? hahahaha

  11. Besok harga nail macam iklan properti aja. Menjadi MC kece wajid punya bekal yang matang rupanya. Selalu ada perbaikan dan upgrade ilmu. Ga cuman aplikasi WA yg di upgrade tiap beberap bulan. Tetapi skill juga wajib di upgrade. Semangat Ka Sally. Semangat upgrade ilmu dan saya nantikan sharing Kaka selanjutnya.

  12. Belum pernah ikut kelas seperti ini. Tetapi saya sering melakukan Yang No 5. Jika ingin interview, maka riset dulu. Hal2 yang tidak ada, baru ditanyakan di interview

  13. Jadi MC memang harus smart, karena akan memandu acara. MC yg smart juga bisa bikin acara jadi asyik dan hidup. Betul banget nih langkahnya, belajar lagi sama ahlinya biar makin jagoan. Semoga kapan2 bisa launching buku dan Kak Sally yg jadi MC-nya 🙂

  14. Keren keren dan keren. Fasilitatornya memang sudah pakar di bidang publik speaking. Materinya jg dahsyat.
    Saya cuma pernah ikut Toastmaster saja, itu saja masih suka gugup jika harus bicara depan publik.

  15. satu hal yang dapat aku petik dari artikel ini: kita harus sungguh-sungguh dengan minat kita ya kak, apapun itu asah terus. apalagi kalau minat kita itu adalah salah satu mata pencaharian kita. makasih kak, aku jadi termotivasi buat ikut sertifikasi-sertifikasi yang sesuai dengan bidangku..

  16. Ah keren banget pelatihan MC ini, dilatih oleh profesional di bidangnya. Memang totalitas perlu ya Kak, mau jadi MC profesional pun harus rajin update diri sebab jadi MC bukan cuma cuap2 di depan orang banyak. Oke fix, kalau aku nikah Kak Sally jadi MC-nya hehehe

  17. Dear Kak Sally, satu hal yang saya petik dari tulisan kakak, termasuk tulisan tentang Sekolah Public Speaking yang kakak ikuti adalah determinasi kakak untuk terus belajar dan mengasah hal yang kakak yakin bisa ditekuni. Salut untuk usaha kakak dan open mind untuk berbagi ilmu dan pengalaman ke kami semua. BTW, saya jadi penasaran nih, apa ya hobby kakak yang lain di luar bidang public speaking? di jawab ya kak….

    • Terima kasih Mba Tuty, yang puisinya selalu apik.

      Saya basicnya memang suka diskusi, karenanya suka terbuka dalam apapun. Bahkan saya juga sudah membuka hati untuk dia *eh haha

      Hobby saya apapun yang berhubungan dengan ngomong dan ketemu orang hehe. Saya suka diskusi dari yang berat sampai receh, karena setiap diskusi saya selalu dapat inside dan inspirasi untuk nulis, memahami sesama dll. Sama dengan Mba Tuty yang suka nulis puisi sehabis ketemu client atau cuma sekedar lihat photo hehe.

      Terus mengudara yaa mbak 😀

  18. Wah, seru! Di kantorku juga sering mengadakan pelatihan MC, tapi pengajarnya masih MC lokal Solo. pengen sekali-sekali ikut pelatihan juga di Talk Inc.

  19. Aku penasaran sama nama panggung dyah sally. Let us know 🙂

    • Oh kebetulan waktu itu, aku ga dikasih nama panggung sama fasilitatornya, Mbak Lala. Karena kata beliau nama aku udah ada nama blog juga. dan aku juga ga mau diubah karena memang Diah Sally itu udah nama panggung. Nama asliku bukan itu hahaha. Ssst ini rahasia yaa.

  20. Becky Tumewu, ini penyiar legend banget di prambors radio… Ugh, jangan tanya umur saya berapa yah…. Hahaha… Seru banget Talk Inc experience nya Sally, bisa kasih bocoran how much does the courses cost ?

    Anw, suka these about you words ” Perempuan yang tidak pernah serius, karena terakhir dia serius, si Mas minta putus! ” It gives a smile to my evening.
    Keep up the gud work Miss Public Speaking 👍😉

    • Waah ketawan nih mbaknya sudah dewasa hoho.

      Untuk harganya bisa langsung ke instagramnya @Talkincorps nggih hehe

      Iyaa mbak kapok serius-serius, tapi ga mau dimainin juga. Jadi enaknya gimana dong? hahaha

  21. Kalau liat ichsan akbar jadi keinget acara gosip di salah satu channel yang bernama ‘loelebay’, disana ichsan akbar dan melani ricardo sangat lepas dan ringan membawakan acara gosipnya. Keren lah, semoga bisa sepanggung sama ichsan akbar ya kak sally

  22. Aku rasanya perlu lah ini belajar public speaking. Bukan untuk jadi MC, tapi biar bisa ngomong aja di depan orang banyak. Biar ga gelagapan. 😀

    • Iyes perlu banget mas, biar enak presentasi depan bos atau ngomong sama pasangan *lha hahaha

      di Talk Inc juga ada kelas Boosting your Confident, tinggal pilih sesuai kebutuhan hoho

  23. Becky Tumewu itu penyiar legend banget di Prambors Radio, saat kawula muda Jakarta cuma punya Prambors dan HardRock FM…. Hahaha… You bring out my radio era, Sally.

    Seru banget Public Speaking Course bareng Talk Inc nya. Bisikin course fee nya dongs, Kakanya….

    Anw suka kata-kata di about me nya Sally… “Perempuan yang tidak pernah serius, karena terakhir dia serius, si Mas minta putus! ” Terima kasih telah membuat saya tertawa walau sesaat 😊

  24. Sesungguhnya saya selalu salut sama MC, karena dia bisa bicara di depan orang banyak dan bisa nyairin suasana kapan aja.

  25. Ada beberapa temen2 ku yg emg pernah ikut kelas di Talk Inc. Mereka bilang, meski harga kelasnya lumayan, tapi gak nyesel ikut kursus ini, karena emg bagus bgt. Kebanyakan temen2ku juga sering jd MC diberbagai acara.

    Btw, aku suka deh intro dr tulisan ini, ‘Sejak tahun 2011 sampai saya menulis tulisan ini, saya selalu menyediakan budget tahunan belanja untuk leher ke atas, bukan belanja anting, kalung atau hijab yaa maksudnya belanja buat ngisi otak, menuntut ilmu dan mengasah skill lewat seminar, workshop, short course dll’

    Pas baca, jadi mikir ‘iya ya kenapa gak disisihin dr dulu hehehe buat asah skill yg emg bener2 ‘belajar’ dr expertnya.’ Biasanya ikut seminar2 atau workshop maunya yg gretong aja hahaah

    • Iyes, mahal memang tapi worth it buat nambah ilmu, pengalaman dan relasi pastinya.

      Semakin mahal kita ikut acara seminar atau workshop dll, semakin bervariasi relasi kita, tapi jangan lupa bawa kartu nama pas ikut acaranya hehe

  26. wahh seru banget sih kelas public speaking nya, i wanna learn more about it! And digging my passion in it :))

  27. Jadi kepikiran ih mbak Sally buat berani speak up 😍..
    So nama panggungnya mb Sally jadi siapa waktu ikut training ini?
    Serius Kepo 😊

    • Yuk, berani ngomong biar enak kalau presentasi depan client atau bos. Dan enak juga kalau ngomong sama pasangan hoho.

      Oh kebetulan waktu itu, aku ga dikasih nama panggung sama fasilitatornya, Mbak Lala. Karena kata beliau nama aku udah ada nama blog juga. dan aku juga ga mau diubah karena memang Diah Sally itu udah nama panggung. Nama asliku bukan itu hahaha. Ssst ini rahasia yaa.

  28. Keren banget nih kelasnya banyak ilmunya. Aku suka paragraf awalnya Kak, budget untuk otak kita. Smart banget!

  29. Oke dicatat dan ditiru unutk belanja dari leher keatas. btw biaya sekolah publik speaking nya berapa ya ?

  30. Wah materi dan fasilitatornya keren2 banget ih.. tadinya mau nanya nama panggung kak sally.. eh udah ada yang nanya.. heheh.. kayaknya boleh juga nih mulai workshop yang lebih khusus.

  31. Bener banget nih harus punya budget khusus buat ngisi otak. Ini sih kelas public speaking yang mentornya udah ga diragukan lagi. Keren parah 🙂

  32. kayanya mahal yaa, kalau liat mentornya keceh keceh gitu….beruntung banget yang dah dapet kesempatan ikut disana

    • Tapi pelatihannya bagus banget mas, aku jarang nge-endorse sesuatu kalau ga bagus” banget hehe. Kalau kualitasnya bagus, jangan sungkan buat buang duit demi ilmu dan pengalaman 😊

  33. berapaan kak kursusnya?
    mantap nih. aku pengen belajar jg public speaking 🙂

  34. Hebat uey, fokus sekalih di dunia ngemc. Terus blajar mesji udah pinter ngemc. Pasti sukses, amiin

  35. keren sekali kak nabung untuk belajar. kebanyakan orang prioritaskan nabung untuk jalan-jalan. salut!

  36. Pantes diah sally humble n natural humble..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *