Breaking News
Home / Review / Movie / Wage: Film Biopic Yang Apik

Wage: Film Biopic Yang Apik

Setiap dari kita pasti pernah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu, apakah kamu tahu sosok pria yang menciptakan lagu tersebut? Dan apakah kamu tahu bagaimana perjuangan beliau sampai akhirnya tercipta lagu Indonesia Raya? Kali ini saya bersyukur sekali karena hadir tepat satu hari sebelum hari Pahlawan, karena memang sangat sedikit sekali informasi yang kita tahu mengenai sang pencipta lagu Indonesia Raya, bapak Wage Rudolf Supratman.


Film Wage, yang diambil dari nama sang pencipta lagu Indonesia Raya adalah film biopic yang penting untuk ditonton. Wage seorang pria yang gemar bermain biola, bergabung dalam Black & White Jazz Band di Makasar, namun pada akhirnya pindah ke ibu kota dan Bandung untuk menjadi jurnalis. Sampai pada akhirnya Wage menjadi buronan Belanda karena mencoba menyanyikan lagu kebangsaan. Akhir dari film Wage, diceritakan bahwa Wage sempat ditahan namun, dilepaskan kembali karena ditakutkan warga mengamuk dan sangat berbahaya bagi Belanda. Setelah beberapa hari dikeluarkan dari penjara Wage sakit dan sampai menutup mata Wage tak pernah mendengar lagu Indonesia Raya dikumandangkan.


Film Wage bagus ditonton untuk mengisi waktu libur kamu dan untuk mengingat kembali jasa Wage Rudolf Supratman, namun beberapa hal yang saya catat, seperti masih terlalu banyak plot hole, cerita yang loncat-loncat (atau mungkin memang kejadian aslinya loncat seperti filmnya) tetapi hal itulah yang membuat saya agak bingung dengan alur yang disajikan, dan nampaknya script writer agak kebingungan memasukan cerita Pak Wage karena memang sejarah beliau banyak sekali yang harus ditayangkan. Saya pun agak sedikit kecewa melihat acting beberapa cast-nya, serta dialog yang agak kurang enak didengar. Peran Prisia Nasution pun agak kurang nendang dari peran dia di film-film lainnya. Tak hanya itu kekecewaan saya juga hadir karena musik yang agaknya terlalu kencang dan merusak pendengaran.


Namun, adegan ketika Wage bisa memainkan lagu Indonesia Raya di acara Kongres Pemoeda adalah hal yang benar-benar membuat hati saya tersentuh dan mata basah. Lirik lagu Indonesia Raya sangat-sangat membuat saya ingin menangis dan selalu mencintai Indonesia. Liriknya magis, siapapun akan terhipnotis mendengarkan lagu itu. Overall, film ini harus kamu tonton agar lebih dekat dengan Pak Wage dan mencintai Indonesia.


Selamat jalan Pak Wage dan terima kasih karena telah menciptakan lagu Indonesia Raya. 

About Diah Sally

Check Also

Lelucon Para Koruptor (Book Review): Kritik Satir Nan Menggelitik Terhadap Politik

  Hal yang paling menyenangkan di dunia ini memang mengkritik politik, baik pelakunya hingga pengamatnya. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *