Breaking News
Home / Public Speaking / Rumus Sukses dalam Kehidupan

Rumus Sukses dalam Kehidupan

Beberapa waktu lalu saya sempat membaca artikel di Hipwee tentang Muhammad  Imam Usman pendiri ruangguru.com salah satu start up yang terkemuka di bidang pendidikan, dengan jargon belajar apapun dari siapapun. Dan ternyata berdirinya perusahaan tersebut karena Imam terinspirasi dari Novel Harry Potter, padahal mungkin saja J.K Rowling membuat buku Harry Potter hanya untuk mengutarakan apa yang ada di otaknya. Namun siapa kira ternyata, Harry Potter dapat menginspirasi seseorang membuat perusahaan dan membuka lapangan pekerjaan untuk yang lain.

Bukan hanya itu saja, bahkan sempat viral di sosmed, perihal Jacky Chan belajar kung fu dari anak kecil, artis sekaliber Jacky Chan mau belajar dengan anak baru kemarin sore, namun ilmu akan Kung fu sudah tidak diragukan lagi. Dan sekarang lihat bagaimana Jacky Chan. Begitupula, jika mendengar kisah Rasullah SAW banyak sekali beliau sering belajar dari sahabat-sahabatnya, bangsa lain, bahkan dari musuh sekalipun.

Hal di atas membuktikan bahwa belajar tidak hanya di bangku sekolah dan dengan guru, belajar juga bisa dengan orang di sekeliling dan kapanpun. Dari beberapa tahun lalu saya menerapkan metode tersebut. Bahkan dua tahun yang lalu saya dan partner MC mendapat tawaran untuk MC di acara promo film “Negeri Van Oranye” yang diadaptasi dari novel yang sama, karya empat penulis yang sedang mengambil S2 di Belanda. Ketika itu saya baru pertama kali MC-ing acara promo film, terlebih beberapa artisnya datang meramaikan. Saya pun sempat bingung apa yang harus dipersiapkan, akhirnya Wanda, partner MC saya briefing sedikit tentang bagaimana nanti ketika tanya jawab berlangsung dan saya cukup tercengang ketika dia langsung berbaur dan berbincang akrab dengan beberapa artisnya. 

Beberapa kali semenjak kejadian itu, saya sempat menjadi MC di acara yang memang bintang tamunya artis, youtubers, komikus, orang-orang penting bahkan sampai yang punya gelar berentet. Siapapun bintang tamu yang saya pandu acaranya, saya tidak perlu khawatir karena saya pernah belajar dengan Wanda, bagaimana mendekati bintang tamu sekalipun dia profesor.

Foto Diah Sally & Wanda Ketika MC Promo Film “Negeri Van Oranye’


Jika Jacky Chan belajar Kungfu dari anak kecil, saya pun pernah belajar dari Shanya, junior saya di kampus yang lahirnya 5 tahun lebih dulu saya. Waktu pihak kampus menghubungi saya untuk memandu acara di kampus, serta membimbing Shanya untuk menjadi MC yang lebih baik. Ketika itu saya senang sekali, harus mencatat dan mengoreksi kekurangan Shanya, pada dasarnya setiap manusia suka melakukan hal ini, mengkritik, dalih untuk memberi pelajaran. Tetapi saya pun berpikir agaknya tidak adil jika dia mendapat pelajaran tetapi saya pulang dengan hampa, tanpa belajar apapun. Akhirnya sepanjang acara saya menganalisa dan memperhatikan sekitar, termasuk Shanya. 

Foto Diah Sally & Shanya Ketika MC di acara Bedah Prodi Universitas Al Azhar Indonesia

Darinya saya belajar bahwa menjadi seorang MC bukan hanya butuh kecerdasan verbal, tetapi juga harus mempunyai trik agar suara kita enak didengar. Shanya yang memang warna suaranya lebih cocok untuk MC formal, dia juga mengajarkan bahwa being humble with partner is mustdan pendekatan dengan partner baru harus terjalin minimal seminggu sebelum acara.

Foto MC ketika promo film ‘Negeri Van Oranye’

Kejadian di atas saya pelajari dengan melihat dan memperhatikan, karena saya yakin belajar itu dari siapapun dan dimanapun, bahkan saya pikir Wanda dan Shanya tidak tahu kalau yang mereka lakukan adalah bagian dari pembelajaran bagi saya. Karena pada hakikatnya, kita manusia tidak boleh melek walang-meminjam kata guru SMA saya. Karena jika melek walang, kita tidak akan sukses, acuh terhadap lingkungan dan sekitar, sehingga kita tidak banyak belajar. Alhasil, jadi pribadi yang biasa-biasa saja bahkan bisa jadi pribadi yang kurang bersyukur. Ayo, mulai perhatikan sekeliling kamu, lihat dari sudut pandang yang berbeda dan positif, niscaya pasti banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik.

Foto MC ketika promo film ‘Negeri Van Oranye’


Hari ini kamu sudah belajar dari siapa dan pelajaran apa yang diambil? 

About Diah Sally

Check Also

Do What You Love and Love What You Do

Agustus 2017, saya senang sekali karena telah membaca karya Alanda Kariza yang terbaru, Shopismata. Novel …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *