Breaking News
Home / Inspiration / Aku Menyayangimu Melebihi Yang Kamu Tahu

Aku Menyayangimu Melebihi Yang Kamu Tahu

Hari ini tanggal 8 Juni 2017, saya bertemu dengan nenek, tetapi sayangnya itu adalah pertemuan terakhir kami, karena saya harus mengantar nenek ke tempat terakhir. Ketika kami bersiap mengangkat kurung batang, namun nenek terbangun dan menyapa kami. Spontan kami terperanjat. Mungkin ini yang dinamakan mati suri. Kami pun langsung memeluk nenek dan tanpa disadari bulir-bulir air mata berjatuhan dari mata kami.  

“Diah, ayo cepat. Diah…”

Mamak mengguncang tubuh saya.

Deg…

Seperdetik kemudian mata saya terbelalak.

Just dream, yup just dream. Saya pun langsung bangun dari tempat tidur dan bergegas untuk pergi ke kantor.

Sepanjang bersiap diri menuju ke kantor, saya berpikir mungkin saya kangen dengan nenek. Iya nenek saya telah kembali padaNya pada tanggal 19 April 2017 malam. Nenek tidak sakit, namun nampaknya Tuhan memberikan alasan kematian nenek dengan pertanda nenek jatuh ketika ingin menutup gorden kamarnya.

Dua tahun sebelumnya nenek berada di rumahnya yang sekarang saya dan keluarga menetap, di Jakarta. Nenek lebih suka tinggal disana bersama kami karena beliau ingin melepas kehidupan terakhirnya bersama anaknya yang paling disayang, bapak saya dan cucu kesayangannya, abang saya. Iya nenek sangat sangat sayang sekali dengan bapak saya, karena bapak satu-satunya anak lelakinya sekarang. Bapak dulu mempunyai kembaran, namun ketika SMP kembarannya meninggal. Cerita itu yang dulu saya dengan dari bapak. Dan saya menyimpulkan wajar saya jika nenek sayang sekali kepada  bapak.

Namun entah apa alasannya nenek lebih menyayangi abang saya ketimbang cucu yang lain, kadang saya berpikir, enak sekali jadi abang, kelebihan kasih sayang, bahkan mamak saya pun lebih sayang abang ketimbang anak-anaknya yang lain. Hal ini mungkin terjadi karena abang memang anak laki-laki satunya di keluarga inti kami. Tetapi hal itu tidak menggugurkan rasa sayang dan cinta saya kepada mereka.

Hal lucu selama nenek berada di Jakarta yang selalu saya ingat adalah nenek sering sekali marah kepada kami, cucu-cucunya jika memegang gudang uang, tenggorokannya yang menggelambir. Dulu ketika kami kecil nenek selalu bilang bahwa beliau punya gudang uang, di sini, di tenggorokannya. Olehkarena itu, sampai kami besar, sering sekali memegang tenggorokan nenek dan berharap keluar uang ketika memegangnya. Dan satu hal lagi adalah ketika di rumah nenek selalu sendiri, karena kami semua beraktifitas, namun yang paling sering telat keluar rumah untuk melakukan aktifitasnya adalah saya. Nenek berkata dengan aksen Plembang yang kira-kira artinya seperti ini “Mudah saja mengecek kamu sudah pergi, tinggal lihat ke atas tangga, jika handuk kamu masih ada berarti kamu belum pergi namun jika handuk sudah tidak ada maka kamu sudah beraktivitas”. Dan sontak saya tertawa, mendengar kejenakaan nenek.


Pada dasarnya semua manusia akan meninggalkan dunia yang memang sifatnya sangat sementara. Dan akan hidup selamanya di akhirat nanti. Ketika manusia meninggalkan dunia ini yang tersisa hanyalah segala kenangan suka dukanya. Apapun itu, nenek memang sudah tiada lagi di dunia, namun nenek selalu di hati saya, mereka dan kami selamanya. Semoga kita dipertemukan di surgaNya. Nenek baik-baik ya di sana, saya janji akan selalu menjaga anak kesayangan nenek, dan bukan hanya itu saja, Nek. Saya juga berjanji akan membahagiakan anakmu dengan seluruh kemampuan yang ada. Membahagiakannya lahir dan batin memang sudah sepantasnya menjadi kewajiban saya. Oiya Nek, saya minta maaf kalau selama ini mungkin selalu membuat nenek marah, mungkin kami juga akan jarang ke makam nenek, karena jarak yang sangat jauh. Bagaimana pun, Diah sangat sayang kepada nenek melebihi yang nenek tahu. Arhamukum fillah. Love you to the moon and back. 

About Diah Sally

Perempuan yang tidak pernah serius, karena terakhir dia serius, si Mas minta putus! Walaupun begitu, dia selalu senang diajak berdiskusi santai ataupun serius tentang buku, film dan apapun. Selain gemar berdiskusi, dia juga suka menulis yang dibicarakan & membicarakan yang ditulis. Serta siap meramaikan acaramu. Mari, undang dia untung menjadi Master of Ceremony (MC) di acara spesialmu

Check Also

Begini, menggunakan fitur Ask Me Question di Instagram

Sejak sebulan kemarin, saya puasa buka dan main instagram dan fokus menyibukan diri pada Ilahi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *